Sunday, March 22, 2009

[MC] MC Card/Cue Card is a must!

Seperti janji saya sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai MC Card atau banyak orang menyebutnya Cue Card. Saya pribadi lebih senang menyebutnya MC Card karena kartu-kartu ini lebih banyak berperan saat saya sedang ngemsi.
Sebelum ngemsi (terutama untuk acara-acara besar) saya pasti mempersiapkan MC Card. Yang disebut MC Card adalah kartu yang berukuran kurleb 20 x 10 cm yang isinya adalah urutan acara serta point-point pembicaraan. Kenapa harus berbentuk kartu? karena jika kita masih menggunakan kertas berukuran polio atau A4, maka hal tersebut berarti akan menyusahkan kita selain juga penampilan pada saat ngemsi tidak enak dipandang karena wajah kita tertutup oleh kertas yang berukuran besar. Dengan menggunakan MC Card, tugas ngemsi kita menjadi lebih mudah, karena kita mempunyai kartu-kartu panduan yang akan memandu kita selama ngemsi.
Berikut aturan menggunakan MC Card *sebenernya menggunakan MC Card gak ada aturannya, tapi hal-hal berikut adalah racikan yang pas berdasarkan pengalaman* hehehe
1. Lembar pertama MC Card dimulai dengan Susunan Acara, lembar berikutnya adalah penjabaran satu persatu susunan acara.
2. Berikan nomer halaman pada setiap lembar kartu.
3. Semua naskah harus diketik hanya satu halaman, jangan bolak - balik (karena gak bagus diliat kalo bolak-balik).
4. Usahakan mengetik naskah minimal dua spasi, bisa juga tiga spasi, karena jika terjadi penyesuaian acara pada saat acara berlangsung, ada ruang kosong untuk meng-edit naskah dengan menggunakan tulisan tangan.
5. Siapkan kartu kosong sebanyak dua atau tiga lembar (bisa lebih) untuk tindakan preventif jika susunan acara berubah total, sehingga kita bisa menyiapkan naskah baru meski hanya menggunakan tulisan tangan.
6. Pelajari cara memegang kartu agar terhindar dari suara kertas yang "berkemeresek"
7. Jangan menjepit kartu dengan klip kertas, karena kita akan kesulitan sendiri nantinya.
8. Jangan membalik lembaran kartu pada saat beralih dari halaman yang satu ke halaman lainnya.
9. Selalu menggerakkan secara perlahan kartu yang akan disingkirkan ke satu arah, yaitu ke pinggir.
Nah, sekarang udah tau kan aturan menggunakan "kartu ajaib" bagi para MC? jika kartu ajaib ini sudah dibuat, maka selanjutnya acara ngemsi kita pasti lancar! :)

1 comment:

  1. djueng... boleh ndak minta contoh cue card itu seperti apa

    namezerro@gmail.com

    ReplyDelete