Wednesday, March 4, 2009

[MC] Modal jadi MC apa sih?

Kalo kita liat para MC kondang yang wara-wiri di tipi, sebagian besar pasti punya modal sebagai berikut :
1. Berpenampilan menarik
Penampilan menarik bukan berarti harus cantik atau ganteng, harus langsing instead of gemuk, harus tinggi, bukan berarti seperti itu. Banyak kok MC kondang atau sukses yang wajahnya gak terlalu cantik atau ganteng atau bahkan ada juga yang gemuk, tapi tetep sukses. Penampilan menarik disini artinya, menggunakan aksesori yang tepat dengan body language yang juga tepat. Sebagai contoh, MC dalam acara keagamaan harus berpakaian dan bersikap sesuai dengan nuansa acara tersebut.
2. Rasa percaya diri yang tinggi
Nah, kalo yang ini mutlak hukumnya. Seorang MC yang ingin sukses harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, karena kita-lah yang memainkan jalannya acara, kita-lah yang memandu jalannya acara, kita-lah sebagai penentu berhasil atau tidaknya sebuah acara. Jika seorang MC sudah memiliki rasa percaya diri yang tinggi, insyaAllah acara sesulit apapun akan bisa dipandu dengan baik olehnya, karena dia tau apa yang harus dia lakukan, dan bagaimana membawa dirinya ke dalam acara tersebut.
3. Berbahasa yang baik dan benar
Terutama untuk MC acara formal. Pemilihan kata dan intonasi suara harus sangat diperhatikan. Akan lebih mudah jika membawakan acara semi formil dan non formil, kita bisa menggunakan bahasa sehari-hari tanpa harus terlalu memperhatikan kaidah bahasa yang baik dan benar, walaupun tetap, pemilihan kata harus tetap diperhatikan jangan sampai memberi kesan serampangan dan tidak sopan.
4. Warna suara yang baik dan microphonis
Untuk point ini, warna suara yang baik dan microphonis tidak mutlak bawaan orok hehehe artinya, "Duh...suara saya gak merdu nih...cenderung cempreng, bisa gak ya jadi MC?" jawabannya bisa. Karena kita bisa belajar bagaimana membentuk suara kita yang sedikit "ringan" menjadi agak "berat" dan terdengar "empuk" di mic. Saya kenal seorang MC senior, yang kalau bicara sehari-hari suaranya tidak se-empuk jika beliau sedang menjadi MC. Dia bilang, jika dia sedang menjadi MC, dia akan memberikan sedikit penekanan di pita suaranya agar suaranya bisa terdengar lebih empuk. Dan hasilnya, memang benar, suaranya terdengar empuk di mic. Jadi, untuk yang berniat jadi MC, jangan terlalu kecewa dengan warna suara yang kita miliki, semua bisa dilatih. Walaupun...memang untuk beberapa warna suara agak sulit untuk tetap terdengar empuk setelah melalui berbagai latihan untuk menyesuaikan warna suara, tapi jangan khawatir, suara yang "ringan" bukan berarti gak bisa sukses menjadi MC, Nirina Zubir contohnya :)
5. Berpengetahuan luas (cerdas)
Jelas, dengan kita memiliki pengetahuan yang luas, kita gak akan "kehabisan bahan" untuk memandu acara, akan banyak bahan omongan yang bisa kita "keluarkan" saat kita menjadi MC. Bukan hanya itu saja, terkadang MC mengalami kondisi spontan dimana harus menyesuaikan dengan acara yang tiba-tiba berubah, jika kita cerdas dan tanggap maka akan mudah bagi kita untuk menyesuaikan acara yang berubah tersebut menjadi terkendali kembali. Khusus untuk moderator/presenter, pengetahuan luas ini juga sangat mutlak hukumnya, karena jika kita menguasai persoalan, maka akan lebih mudah bagi kita untuk memandu diskusi/membawakan presentasi, dan efeknya...dengan menguasai persoalan maka kita akan semakin percaya diri dalam memandu serta membawakan presentasi.
6. Memiliki sense of humor
Lebih kepada MC semi formil dan non formil, agar suasana tidak kaku, serta bisa menjaga emosi penonton tetap semangat mengikuti acara dari awal sampai akhir.
7. Friendy, fleksibel, antusias.
Yang ini sudah jelas kan? :)
Semua modal ini pada intinya bisa diupayakan, jika kita sebelumnya merasa kita tidak memiliki modal-modal diatas, dengan usaha dan kemauan untuk menjadi MC yang baik, maka gak sulit kok memiliki modal-modal di atas. Yuk mariiii :)

1 comment: