Wednesday, March 4, 2009

[MC] Perhatikan karakteristik Mic!

Hal ini sering luput dari perhatian para MC. Hal yang kecil, tapi besar efeknya terhadap warna suara yang dihasilkan dan keempukan suara. Sebelum kita menjadi MC, harap diperhatikan Mic jenis apa yang akan kita pakai dan dimana letak pusat sensitivitas suara.

Ada 3 jenis mic yang umunya beredar di pasaran, yaitu :

1. Omni/Uni Directional
Umumnya, jenis mic inilah yang paling sering digunakan. Bentuknya bulat, serta pusat sensitivitas suara berada pada sekeliling mic. Jadi kita tidak perlu meletakkan posisi antara mic dan mulut kita sedemikian rupa, karena dari sisi manapun kita berbicara, akan tetap terdengar baik dan empuk.

2. Cardiode
Bentuknya kotak panjang dan pusat sensitivitas berada di ujung mic. Dengan demikian, kita harus mengatur posisi mic dengan mulut kita, harus berbicara di ujung mic, agar suara yang terdengar baik dan empuk, jika kita tidak berbicara di ujung mic, maka suara yang dihasilkan akan tidak baik dan terdengar "jauh" dan tidak empuk.

3. Bi-Directional
Pusat sensitivitas suara berada pada sisi-sisi mic. Maka posisi mulut harus ditengah-tengah mic agar warna suara yang dihasilkan baik.

Udah tau kan jenis-jenis dan karakteristik mic? nanti kalo jadi MC jangan lupa ya sebelum ngemsi perhatiiin dulu mic-nya biar suara kita terdengar empuk dan merduuuu :))

No comments:

Post a Comment